Situs resmi www.jualmesingenset.com

Pilih Genset Sesuai dengan Kebutuhan Listrik Anda


Kita seringkali dihadapkan pada persoalan bagaimana memilih genset yang tepat, sebenarnya hal ini tidaklah sulit. Dalam aplikasi genset untuk kebutuhan rumah tangga, kita dengan mudah mendapatkan informasi dari PLN bahwa kebutuhan daya rumah kita adalah sekian VA, dan ini dapat dipakai sebagai referensi dalam menentukan kapasitas genset tersebut. Misalnya di rumah kita daya terpasang adalah 2200 VA, maka pilihlah genset dalam kapasitas 2000 – 2500 VA. Perlu perhatikan juga kapasitas tegangan adalah 220 Volt 1 phasa. Jadi untuk kebutuhan tersebut pilihlah genset 2000-2500 VA, 220 Volt, 1 phasa, 50 Hz. Ini adalah yang petunjuk yang paling sederhana dalam memilih genset dengan aplikasi rumah tangga.
Untuk aplikasi industri perlu tinjauan yang lebih luas lagi dan lebih kompleks, dimana kita harus menghitung faktor daya masing-masing beban dan fluktuasi beban, hal ini akan saya tulis dalam topik-topik berikutnya.

Ketika terjadi pemadaman catu daya utama (PLN) maka dibutuhkan suplai cadangan listrik dan pada kondisi tersebut Generator-Set diharapkan dapat mensuplai tenaga listrik terutama untuk beban-beban prioritas. Genset dapat digunakan sebagai sistem cadangan listrik atau “off-grid” (sumber daya yang tergantung atas kebutuhan pemakai). Genset sering digunakan oleh rumah sakit dan industri yang membutuhkan sumber daya yang mantap dan andal (tingkat keandalan pasokan yang tinggi), dan juga untuk area pedesaan yang tidak ada akses untuk secara komersial dipasok listrik melalui jaringan distribusi PLN yang ada.
Suatu mesin diesel generator set terdiri dari:
1. Prime mover atau pengerak mula, dalam hal ini mesin diesel (dalam bahasa inggris disebut diesel engine)
2. Generator
3. AMF (Automatic Main Failure) dan ATS (Automatic Transfer Switch)
4. Baterai dan Battery Charger
5. Panel ACOS (Automatic Change Over Switch)
6. Pengaman untuk Peralatan
7. Perlengkapan Instalasi Tenaga
Previous
« Prev Post